Maaf lahir batin ya. Lebaran mah udah lewat kemarin. Kok baru sekarang sih maaf lahir batinnya. Telat ah.

Eiiits belum telat kok, kan sekarang lebaran syawal. Menjelang H+7 setelah lebaran di beberapa daerah masih berlebaran lho. Pasalnya seminggu ini adalah lebaran syawal.

Lebaran syawal atau yang biasa disebut syawalan adalah tradisi masyarakat di kaliwungu, pekalongan, demak dsb untuk melakukan ziarah kubur ke makam ulama/wali/syekh.

Syawalan dapat juga berupa satu bentuk pesta atau rasa syukur ungkapan kebahagiaan masyarakat setelah menjalankan ibadah puasa Romadhon. Rasa syukur ini dapat diungkapkan dalam bentuk suatu kegiatan yang menghibur atau kegiatan lain yang bersifat religi untuk mengenang kembali tokoh-tokoh agama masa lalu yang ada di masyarakat tertentu.

Tapi kalau untuk saya pribadi sih syawalan lebih kepada untuk semakin menjalin dan merekatkan tali silaturahmi. Karena saat syawalan begini tradisi "ujung-ujung" atau berkunjung ke rumah saudara masih bersambung sejak hari idul fitri.
Mumpung masih syawal, ayo ke tempat bude pakde paklik bulik. Begitu yang biasa saya dengar.

Dan syawalan untuk saya sendiri juga sebagai hiburan. Karena saat syawal begini di kaliwungu banyak sekali orang menjajakan dagangan. Nggak cuma baju saja, ada mainan, makanan, sampai akik juga banyak dijual disini. Hihihii

Selain para pedagang yang "mremo" banyaknya wahana bermain pasar malam seperti komidi putar, tong setang, rumah hantu, ombak banyu, kora-kora, odong-odong turut menjadi bagian dari keramaian syawalan.

Karena saya nggak ziarah ke makam syekh dan cuma main ke alun-alunnya jadi stok foto seadanya. Pakenya juga kamera hp no filter no edit. Karena emang nggak sempet ngedit. Xixixi... Tapi tetep seru kok foto-fotonya. *mekso

Masyarakat dari berbagai desa di wilayah kabupaten Kendal pun mulai berbondong-bondong bersyawalan ria. Sebelum mereka ke pasar malam yang berada di alun-alun Kaliwungu, biasanya orang-orang akan ziarah ke makam Sunan Katong, ulama pendahulu di Kaliwungu.

Tradisi syawalan ini selalu dinanti-nanti oleh masyarakat Kendal. Syawalan kearifan lokal yang selalu dirindukan.

6 Komentar

  1. Dan syawalan kali ini pun ada lapak batu akik ;)

    Maaf lahir batin ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak hidayah : akik lagi tenar nih. Hehehee
      Maaf lahir batin ya mbak

      Hapus
  2. meriah banget yaa lapaknyaa hihihi sampai ada batu akik...

    BalasHapus
  3. Mbak hidayah : akik lagi tenar nih. Hehehee
    Maaf lahir batin ya mbak

    Mak dew: bakul akiknya ikut mremo mak. Hehehe

    BalasHapus
  4. Surganya anak-anak iniiih :D

    BalasHapus