Siapa sih yang nggak seneng kalau hamil? Tentunya tiap wanita yang sudah menikah pasti ingin sekali hamil. Tapi gimana kalau hamil tapi malah rentan sakit? Hiks... sedih banget rasanya. Karena nggak sembarang obat bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Obat-obatan yang diberikan dokter
Ventolin, meptin,combivent, kapsul racikan.

Seperti yang saya alami kali ini. Kehamilan ketiga ini saya sering sekali mendapat asma attack. Entah apa penyebabnya. Masih saya amati dan rasakan. Untuk mengkonsumsi obat pun saya agak takut. Karena ibu hamil nggak bisa asal minum obat. Walaupun saya sudah berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam dan diberikan obat yang katanya aman untuk ibu hamil. Tapi karena serangan asma saya ini sering sekali, sepertinya saya yang harus tahu pencegahannya. Apa yang menjadi penyebabnya?

Setelah saya rasakan, asap rokok dan debu menjadi pemicu utama saya sering sekali sesak nafas. Sampai sampai kemarin harus bolak balik ke RS. Harus rehat nganterin Saka latihan. Karena bapak-bapaknya pada ngerokok semua. *nangisgulingguling

Kegiatan rutin berenang harus saya lakukan lagi. Karena asma ini membuat aktivitas saya ikut tersendat. Kalau pas lagi bengek begini, kasihan sama anak-anak. Jadi slow respon semua. Karena nggak ada ART dan suami yang on duty. *tetepkudustrong

Kehamilan saya sudah di minggu ke 23. Alhamdulillah. Sebagai emak rempong, saya harus siaga 24 jam untuk anak-anak. Menjaga kesehatan sangat penting. Karena itu saya mulai lagi treatmen dengan buah apel. Semoga saja tanpa obat-obatan saya bisa mengalahkan si asma ini.

13 Komentar

  1. Dulu saya juga langsung bengek mbak kena asap rokok. Kalo kena debu langsung bersin2. Alhamdulilah ini ga lagi. Ga tau kenapa, mgkn konsumsi buah sama sayur, air putih yang banyak, & olahraga (kalo saya kemana2 diusahain jalan).
    Semoga lekas seeettrrroongg.... ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kayaknya karena debu sama asap rokok mbak. Karena saya nganterin anak latihan sepeda di stadion. Nah disitu bapak bapak yang pada nganterin ngrokok semua. Duh...kayaknya saya mau rehat dulu gak nganter latihan. Dan banyakkin sayur sama buah.
      Makasih sharingnya mbak.

      Hapus
    2. Iya mbak kayaknya karena debu sama asap rokok mbak. Karena saya nganterin anak latihan sepeda di stadion. Nah disitu bapak bapak yang pada nganterin ngrokok semua. Duh...kayaknya saya mau rehat dulu gak nganter latihan. Dan banyakkin sayur sama buah.
      Makasih sharingnya mbak.

      Hapus
  2. sabar y mbak dian..smoga dedek bayinya sehat sll ya...

    BalasHapus
  3. sabar y mbak dian..smoga dedek bayinya sehat sll ya...

    BalasHapus
  4. Asap rokok memang sangat mengganggu ya mbak apalagi jika sedang hamil. Pakai masker aja mungkin ya mbak.

    Semoga kehamilannya lancar sampai melahirkan nanti, aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak saya pake masker terus sekarang. Gak betah euy sama asepnya.
      Amin makasih doanya ya mbak.

      Hapus
  5. Aku nggak asma aja suka pening tiap kehirup asap rokok. Kalo abis bersih-bersih juga alergi kena debu. Kalo nggak gatal2 biasanya jadi flu gitu. Semoga lancar kehamilannya, sehat sehat ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asep rokok emang bikin galau ya mbak. Heheheee...
      Amin makasih doanya mbak.

      Hapus
  6. Aku nggak asma aja suka pening tiap kehirup asap rokok. Kalo abis bersih-bersih juga alergi kena debu. Kalo nggak gatal2 biasanya jadi flu gitu. Semoga lancar kehamilannya, sehat sehat ya :D

    BalasHapus
  7. Aku nggak asma aja suka pening tiap kehirup asap rokok. Kalo abis bersih-bersih juga alergi kena debu. Kalo nggak gatal2 biasanya jadi flu gitu. Semoga lancar kehamilannya, sehat sehat ya :D

    BalasHapus
  8. Ya Allah, memang pas hamil kita memang kudu siap dengan segala hal yeng berhubungan dengan kesehatan. Aku dua kali keguguran. Duh, jadi mberesebes mili. waktu hamil anakku sekarang, ahrus total bed rest selama kehamilan, bobok terus. trus aku kenal darah tinggi, diabetes, tiroid, padahal sebelumnya nggak ada smeua itu...Alhamdulilah. diberi amanah untuk membesarkan si kecil yangs ekarang sudah gede.

    BalasHapus