Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman pregnancy yoga. Di kehamilan ketiga ini, kemarin asma saya kambuh. Mau minum obat juga bingung walaupun sudah konsul ke dokter. Alhamdulillah saat memasuki minggu ke 22 saya ikut yoga. Kalau kelas yoga beneran baru kali ini saya ikuti.

Sabtu pagi saya sudah tiba di tempat yang biasa untuk yoga. Deket banget dari rumah. Cuma 5 menit naik motor. Di hari Sabtu, kelas yoga diadakan outdoor. Kali ini di kolam renang Tirto Arum Kendal.

Setelah semua teman-teman dan instruktur datang. Kami segera melakukan pemanasan. Instruktur kami kali ini mbak Fita. Biasanya yang menjadi instruktur Bu Bidan Sayidah, tapi karena beliau sedang ada keperluan diganti oleh mbak Fita.

Dalam pregnancy yoga yang terpenting adalah pengaturan nafas dan kekuatan otot kaki. Tapi untuk pemula seperti saya,semua menjadi penting. Karena kelenturan dan kekuatan otot tubuh saat melahirkan sangat dibutuhkan. Apalagi untuk pernafasan, penting sekali bisa melakukan pernafasan yang baik saat melahirkan.
Beruntung saya bertemu dengan Bu ida, begitu sapaan akrabnya. Karena di kota kecil seperti Kendal susah sekali menemukan Bidan yang sama-sama satu visi misi.

Alhamdulillah, setelah mengikuti yoga rasa sesak nafas saya jauh berkurang. Saat pertama kali melakukan gerakan yoga yang benar, memang badan rasanya pegal-pegal. Tapi karena itu dilakukan berulang ulang dan dilakukan dengan lembut, badan saya lebih segar, ringan.

Di kelas yoga kemarin saya banyak bertemu dengan bumil-bumil dengan usia kandungan trisemester ketiga. Perut besar dan buncit tidak menyurutkan para bumil ini untuk melakukan gerakan yoga yang lumayan menguras tenaga. Semangatnya sungguh luar biasa. Wajah-wajah berpeluh dengan senyum yang mengembang. Bercerita tentang hal-hal yang positif diantara kami membuat perasaan galau hilang. Karena kami ingin memperbanyak oksitosin penebar cinta.

Ada beberapa foto saat yoga kemarin. Foto-foto yoga semua dari mbak Fita. Makasih mbak fita udah motretin. 😊







Yoga juga membuat hati bahagia, badan sehat, tidak mudah lelah. Untuk bumil-bumil yuk ikutan yoga. Manfaatnya banyak lho. ☺😊